Apa itu Staycation dan Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan

Bloger.id - Staycation, singkatan dari "stay" dan "vacation," adalah konsep liburan di mana seseorang tinggal di dalam kota atau wilayah sekitarnya dan menghabiskan waktu liburan di tempat-tempat lokal. Staycation dapat menjadi alternatif yang menarik bagi mereka yang ingin beristirahat dan melepaskan diri dari rutinitas sehari-hari tanpa harus melakukan perjalanan jauh atau menghabiskan biaya tinggi. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan lebih lanjut tentang apa itu staycation dan apa saja yang perlu dipersiapkan untuk mengadakan staycation yang sukses.

Apa itu Staycation ?

Staycation adalah alternatif menarik untuk liburan tradisional. Dengan memanfaatkan waktu di dalam kota atau wilayah sekitar, Anda dapat menikmati waktu beristirahat tanpa harus melakukan perjalanan jauh atau menghabiskan biaya tinggi. Dalam staycation, penting untuk memilih tempat menginap yang tepat, membuat rencana kegiatan, dan menciptakan lingkungan yang nyaman. Ambil kesempatan untuk benar-benar beristirahat, mengisi ulang energi, dan menjelajahi tempat-tempat menarik yang ada di sekitar Anda.

Perlu diperhatikan bahwa pandemi COVID-19 dapat mempengaruhi kemampuan seseorang untuk melakukan staycation. Pastikan untuk mengikuti pedoman dan peraturan setempat terkait perjalanan dan penginapan. Selalu prioritaskan keselamatan dan kesehatan Anda sendiri dan orang lain.

1. Pilih Tempat Menginap yang Tepat

Langkah pertama dalam persiapan staycation adalah memilih tempat menginap yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda. Anda dapat memilih hotel, resor, vila, atau bahkan menyewa akomodasi melalui platform seperti Airbnb. Pertimbangkan fasilitas, lokasi, dan gaya penginapan yang Anda inginkan untuk menciptakan pengalaman yang nyaman dan menyenangkan.

2. Tentukan Durasi Staycation

Anda dapat memilih untuk melakukan staycation selama satu hari penuh, akhir pekan, atau bahkan beberapa hari berturut-turut. Tentukan durasi yang sesuai dengan jadwal Anda dan berapa lama Anda ingin beristirahat dari rutinitas sehari-hari.

3. Buat Rencana Kegiatan

Agar staycation menjadi lebih bermakna, buatlah rencana kegiatan yang ingin Anda lakukan selama waktu tersebut. Anda dapat menjelajahi tempat-tempat wisata lokal, mencoba restoran baru, pergi berbelanja, atau bahkan melakukan kegiatan relaksasi seperti spa atau yoga. Buat daftar kegiatan yang ingin Anda lakukan dan atur jadwal agar Anda dapat mengoptimalkan waktu liburan Anda.

4. Ciptakan Lingkungan yang Nyaman di Tempat Menginap

Salah satu aspek penting dalam staycation adalah menciptakan lingkungan yang nyaman di tempat menginap. Bawa barang-barang yang dapat meningkatkan kenyamanan, seperti bantal favorit, speaker portabel untuk mendengarkan musik, atau buku kesukaan Anda. Anda juga dapat membawa beberapa camilan dan minuman favorit untuk menikmati di kamar.

5. Matikan Pemberitahuan dan Batasi Akses ke Teknologi

Staycation adalah kesempatan untuk benar-benar melepaskan diri dari rutinitas dan pekerjaan sehari-hari. Matikan pemberitahuan dari ponsel dan batasi akses ke teknologi. Fokuslah pada waktu yang Anda habiskan dengan diri sendiri atau bersama keluarga dan teman-teman yang Anda ajak dalam staycation. Nikmati momen tanpa gangguan dan ambil kesempatan untuk bersantai dan mengisi ulang energi.

6. Cari Tahu Tentang Aktivitas dan Tempat Menarik di Sekitar

Sebelum staycation, luangkan waktu untuk mencari tahu tentang aktivitas dan tempat menarik di sekitar tempat Anda tinggal. Ada mungkin objek wisata, taman, museum, atau acara khusus yang sedang berlangsung. Dengan mengetahui apa yang tersedia di sekitar Anda, Anda dapat merencanakan kegiatan yang sesuai dengan minat dan preferensi Anda.

Staycation adalah cara yang sempurna untuk mengambil istirahat tanpa harus melakukan perjalanan jauh. Dengan mempersiapkan tempat menginap yang nyaman, merencanakan kegiatan yang menarik, dan menciptakan lingkungan yang santai, Anda dapat menciptakan pengalaman staycation yang memuaskan. Jangan lupa untuk menikmati momen-momen kecil dan merawat diri sendiri selama staycation. Ini adalah kesempatan untuk melepaskan diri dari rutinitas sehari-hari dan mengisi ulang energi sebelum kembali ke kehidupan yang sibuk. Selamat menikmati staycation!

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung dengan buletin kami!

Comments

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Artikel Terkait
Tentang Penulis