Ternyata Segini Gaji Dokter Spesialis Jantung di Indonesia

Bloger.id - Kerap kali disebut sebagai profesi yang menantang, menjadi seorang dokter spesialis jantung ternyata memiliki gaji yang menggiurkan. Dokter spesialis jantung adalah seorang yang memiliki keahlian spesifik pada berbagai penyakit kardiovaskularseperti penyakit jantung dan pembuluh darah.

Dokter spesialis jantung akan menelusuri riwayat serta kesehatan pasien dengan gejala yang dirasakan. Kemudian mereka akan melakukan pemeriksaan fisik jantung untuk mengevaluasi dan mendeteksi apakah terdapat gangguan penyakit pada jantung. 

Berikut dibawah ini pembahasan lengkap mengenai Dokter Spesialis Jantung 

Pengertian Dokter Spesialis Jantung

Dokter spesialis jantung adalah dokter spesialis memiliki gelar Sp.JP yang menerapkan pengetahuan ilmiah serta keahlian spesifik untuk mendiagnosa, mengobati, memberikan perawatan kepada pasien yang menderita penyakit kardiovaskular seperti : penyakit darah tinggi, penyakit arteri koroner, jantung, stroke.

Tahapan Menjadi Dokter Spesialis Jantung

Menjadi dokter spesialis jantung harus melalui proses dan tahapan-tahapan sebelum memulai praktek. Adapun tahapan menjadi dokter spesialis jantung adalah :

Memiliki gelar sarjana kedokteran

Bagi Anda yang ingin menjadi dokter spesialis jantung memiliki gelar sarjana kedokteran adalah suatu keharusan. 

Selama kuliah Anda akan mendalami ilmu kedokteran dengan melatih kemampuannya lewat skill laboratorium, pelatihan tindakan bedah yang prosedurnya bersifat invasif yakni ; bedah dada dan bedah jantung dan sebagainya.

Menempuh pendidikan spesialis

Setelah Anda memiliki gelar sarjana kedokteran, Anda harus menempuh kembali gelar pendidikan spesialis PPDS atau Program Pendidikan Dokter Spesialis selama kurang lebih 4 tahun. Untuk persyaratan lengkapnya Anda bisa cek disini : 

https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/in/page/beasiswa-dokter-spesialis

Ujian Sertifikasi dan Masa Internship

Anda juga harus menyelesaikan tahap ujian sertifikasi atau UKMPPD ( Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Kedokteran ). Setelah Anda lulus ujian ini maka Anda akan mengikrarkan Sumpah Dokter dan kemudian menjalani masa internship selama satu tahun.

Gaji Dokter Spesialis Jantung Gaji Dokter Spesialis Jantung

Tugas Dokter Spesialis Jantung

Dokter spesialis jantung merupakan profesi yang memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar. Dikutip dari Hallo Sehat tugas seorang dokter spesialis jantung adalah ;

  1. Memeriksa kesehatan fisik pasien dengan tes kesehatan pada jantung.
  2. Menjelaskan hasil tes dan memberikan informasi untuk mendiagnosis atas gejala yang di derita pasien.
  3. Memberikan resep obat-obatan.
  4. Menganjurkan untuk melakukan diet jantung dengan : memakan makanan 4 sehat 5 sempurna serta memberikan saran jenis olahraga yang sesuai untuk mereka yang memiliki penyakit jantung.
  5. Memberikan beberapa prosedur medis kepada pasien seperti kateterisasi jantung atau menanamkan alat pacu jantung.

Penyakit yang ditangani oleh Dokter Spesialis Jantung

Tidak sembarang pasien bisa mendatangi dokter spesialis jantung karena mereka harus mengenal gejala-gejala yang berhubungan dengan penyakit kardiovaskular seperti ; jantung dan pembuluh darah.

Berikut ini penyakit yang ditangani oleh dokter spesialis jantung :

  1. Nyeri dada akut.
  2. Detak jantung tidak teratur atau disebut Aritmia.
  3. Penumpukkan plak pada pembuluh darah atau disebut Aterosklerosis.
  4. Gagal Jantung.
  5. Serangan Jantung.
  6. Katup jantung.
  7. Hipertensi atau tekanan darah tinggi.
  8. Penyakit jantung koroner.
  9. Irama jantung yang tidak normal atau disebut Fibrilasi Atrium.

Lalu berapakah gaji dari dokter spesialis jantung?

Dokter spesialis jantung memiliki penghasilan yang cukup tinggi dibandingkan profesi lainnya. Gaji dokter spesialis jantung sebesar 5 - 6 miliar pertahun, biasanya mereka ditempatkan di rumah sakit, instansi pemerintah maupun membuka layanan konsultasi penyakit jantung.

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung dengan buletin kami!

Comments

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Tentang Penulis