Pentingnya Digital Marketing dan Best Practicenya

Bloger.id - Saat ini adalah era digital, dimana hampir semua orang memiliki akses untuk menggunakan internet dengan mudah. Bahkan, masyarakat di yang tinggal di daerah terpencil sekalipun sudah dapat mengakses internet.

Pengguna internet Indonesia

Berdasarkan data dari Amsa, pada tahun 2023 terdapat sekitar 213 juta pengguna internet di Indonesia.

Dengan data ini, tentunya kita semua bisa mengambil kesimpulan bahwa dunia digital di Indonesia itu sangat luas. Oleh sebab itu, menjalankan promosi secara digital untuk meningkatkan performa bisnis itu hukumnya wajib.

Pentingnya Digital Marketing

Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya tentang tingginya pengguna internet di Indonesia, maka bisa dikatakan bahwa menjalankan digital marketing itu hukumnya wajib.

Jika bisnis kita hanya eksis secara offline, maka besar kemungkinan performa akan menurun.

Meskipun misal saat ini bisnis anda sudah memiliki banyak pelanggan secara offline, namun anda harus tetap melakukan optimasi secara digital.

Digital Marketing Best Practice

Menjalankan digital marketing itu tidak mudah, sama seperti melakukan marketing secara umum, namun harus mengerti alat-alat, analisis, dan algoritma terkait platform digital yang digunakan.

Jika anda masih kesulitan untuk memulai digital marketing, saya sarankan untuk membaca artikel ini:

Ingin Memulai Digital Marketing untuk Bisnis Anda? Yuk Simak Langkah-langkahnya

Dalam menjalankan digital marketing, saya akan membagikan tips tentang best practice atau cara terbaik dalam menjalankan digital marketing sehingga anda bisa terhindar dari "boncos" atau salah langkah.

Berikut adalah langkah-langkah dalam menjalankan best practice of Digital Marketing:

Mengenali Platform Digital

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengenali platform-platform digital seperti Facebook, Instagaram, Twitter, Google Search, Youtube, dan sebagainya.

Hal ini penting karena setiap platform memiliki ciri khas yang berbeda dan tentu saja optimasinya akan berbeda.

Sosial media seperti Facebook, Instagram, dan sebagainya memiliki algoritma sebagai enternainment media, yang mengutamakan konten-konten hiburan. Sedangkan Google Search lebih kepada informatif media untuk menjawab pertanyaan pengguna melalui keywords.

Paid Ads

Paid Ads adalah salah satu yang paling penting dalam digital marketing. Hal tersebut karena bisa menargetkan users secara tepat dan biaya yang dikeluarkan juga sangat hemat.

Paid ads ini ada beberapa macam seperti Google Ads, Meta Ads, TikTok Ads, dan sebagainya.

Berbeda dengan iklan secara konvensional melalui baliho atau flyer yang tidak bisa diukur atau ditargetkan secara pasti, melalui paid ads anda bisa melakukannya. Anda bisa menarget siapa, di mana, dan apa kesukaan orang tersebut sehingga iklan anda pasti bisa sangat cocok untuk mereka.

Organic Campaign

Berbanding terbalik dengan Paid Ads, organic campaign ini adalah melakukan campaign secara gratis. Biasanya hal ini harusnya anda lakukan setelah melakukan paid ads atau bebarengan.

Tujuan dari organic campaign ini adalah untuk meningkatkan brand awareness bisnis anda.

Organic campaign ini ada macam-macam seperti SEO dan konten medsos.

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung dengan buletin kami!

Comments

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Artikel Terkait
Sep 9, 2023, 11:46 siang - Ujang Risman
Tentang Penulis