Ternyata ini Nominal Gaji Business Consultant

Business Consultant adalah orang yang ahli dalam bidang ekonomi dan bisnis yang diperuntukan untuk pebisnis guna memotivasi, memberikan konsultasi serta melakukan observasi mendalam pada suatu bisnis. Business Consultant sangat diperlukan oleh pebisnis yang ingin berkonsultasi mengenai perencanaan serta pengembangan bisnis.

Seorang business consultant menyediakan jasa konsultasi kepada pebisnis/organisasi/lembaga/perusahaan dengan memberikan solusi secara efisien agar mereka dapat memenuhi target yang diinginkan. 

Di Indonesia menjadi seorang business consultant tidaklah mudah, selain berpengalaman mereka juga harus memiliki pendidikan minimal strata S1. Selain itu mereka juga harus memenuhi kriteria yang telah ditetapkan.

Business consultant nantinya memiliki andil atas profit yang diterima oleh perusahaan. Mereka akan mempersiapkan apapun yang diminta oleh client.

Business consultant secara konsisten memandu client untuk mencapai target mereka, dan akan bekerja sama dengan manajemen konsultan untuk meneliti data perusahaan klien secara cermat.

Bagaimana Syarat Menjadi Business Consultant?

Jika Anda ingin menjadi seorang business consultant adapun syarat yang wajib Anda miliki :

1. Keterampilan

Syarat menjadi business consultant adalah Anda harus memiliki keterampilan dalam bidang pengetahuan tentang prinsip bisnis, tentang prosedur sistem administratif, prinsip-prinsip ekonomi dan akuntasi serta mengetahui perencanaan strategis mengenai bisnis.

2. Kemampuan Bahasa Inggris

Seorang business consultant harus memiliki kemampuan dalam berbahasa inggris secara lisan maupun tulisan dengan memahami arti dan ejaan setiap kata, kalimat, aturan komposisi serta tata bahasa yang baik.

3. Mampu Berpikir Kritis

Syarat selanjutnya adalah seorang business consultant harus mampu berpikir kritis menggunakan logika dan penalaran untuk mengidentifikasi masalah bisnis tentang kelemahan dan kekuatan bisnis maupun pesaing, memberikan solusi alternatif serta mengambil tindakan korektif.

4. Kemampuan berbicara yang baik

Seorang business consultan wajib memiliki kemampuan berbicara yang baik guna dapat dimengerti dan dipahami klien tentang apa yang dibicarakan saat memberikan layanan konsultasi.

5. Memiliki Pendidikan Minimal Strata S1

Syarat terakhir untuk menggeluti profesi business consultant Anda harus memiliki pendidikan minimal sarjana ekonomi dan bisnis. 

Berapakah Gaji Business Consultant?

Gaji seorang business consultant terbilang cukup besar terutama bagi mereka yang berpengalaman dalam jangka lebih dari lima tahun. Gaji seorang business consultant berada diangka Rp. 4,4 juta hingga Rp.7 juta perbulan.

Tugas-Tugas Business Consultan :

Seorang business consultant memiliki tugas yang cukup berat karena memiliki tanggung jawab yang besar.

Selain itu mereka yang berprofesi sebagai business consultant harus memiliki pengamatan yang baik terhadap peluang sekecil mungkin dalam mengembangkan suatu bisnis serta memberikan solusi terhadap masalah yang dihadapi oleh client.

Berikut ini tugas dari seorang business consultant lainnya :

  1. Memberikan layanan konsultasi kepada klien mengenai apapun tentang bisnis.
  2. Mengevaluasi kelemahan serta kelebihan dengan mengidentifikasi permasalahan yang ada.
  3. Memberikan panduan kepada pebisnis untuk mencapai target yang mereka inginkan.
  4. Meningkatkan keuntungan perusahaan dengan memberikan strategi dan taktik pemasaran yang efektif.
  5. Menjalin komunikasi yang baik kepada klien agar dapat memberikan informasi yang relevan untuk membahas perencanaan dan strategi bisnis.

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung dengan buletin kami!

Comments

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Artikel Terkait
Tentang Penulis

Ketika kita masih diberikan kesempatan untuk bangun di pagi hari, itu artinya Tuhan masih memberikan kesempatan pada kita untuk melakukan pekerjaan yang harus kita lakukan.